Masalah Dana Desa di Pasirsedang Sampai Ke Komisi I

Masalah Dana Desa di Pasirsedang Sampai Ke Komisi I

Kabar5.Com, Pandeglang – Persoalan pelaksanaan Dana Desa Tahun Anggaran 2017 di Desa Pasirsedang Kabupaten Pandeglang, membuat Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pandeglang, Habibi Arafat angkat bicara, Rabu, 31 Januari 2018. Hal itu lantaran ada indikasi penyelewengan DD, oleh Kepala Desa setempat.

Menurut Habibi, persoalan tersebut tak lepas dari regulasi Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang. Untuk pencairan DD tahap dua baru dicairkan Pemkab di akhir tahun. Hal tersebut berakibat, pelaksanaan pembangunan di desa juga tidak sesuai jadwal.

“Sebenarnya kita harus lihat dari proses regulasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang. Masalah pencairan tahap kedua, di akhir tahun, yakni, di bulan Desember. Jadi, hal ini berimplikasi terhadap pelaksanaan pembangunan di desa, tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” ujarnya.

Idealnya, kata Habibi, realisasi Dana Desa tahun 2017, harus terserap di tahun yang sama. Dengan demikian, para kepala desa tidak merasa kesulitan untuk melanjutkan pembangunannya.

“Idealnya, realisasi Dana Desa tahun 2017, harus terserap di tahun 2017. Namun, karena regulasinya seperti itu, mungkin kerepotan para Kepala Desanya,” ujarnya.

Namun DPRD Kabupaten Pandeglang mengancam, para kades yang menyelewengkan Dana Desa akan ditindak sesuai hukum yang berlaku. Pihak inspektorat Pandeglang harus segera melakukan audit, dan menindak tegas jika ada yang menyimpang.

“Akan tetapi, kalau memang ada Kepala Desa yang dengan sengaja menyelewengkan Dana Desa, tentu harus ditindak sesuai dengan ketentuan. Dan Inspektorat Kabupaten Pandeglang, harus tegas dan segera melakukan pemeriksaan atau melakukan audit,” pungkasnya. (Risman)

Facebook Comments

Tags: , ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.