Merasa Namanya Dicermarkan, Rizal Ramli Laporkan Surya Paloh

Merasa Namanya Dicermarkan, Rizal Ramli Laporkan Surya Paloh

Kabar5.Com, Jakarta | Mantan Menteri Koordinator bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli melaporkan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri atas dugaan tindak pidana pencemaran nama baik, 16 Oktober 2018.

“Hari ini ada sekitar 60 kawan-kawan, kami hari ini ingin mengajukan tuntutan kepada Surya Paloh, karena saya sahabat dia sebenarnya,” kata Rizal di kantor sementara Bareskrim, Gambir, Jakarta Pusat.

 

Menurut Rizal, dugaan tindak pidana itu dilakukan Surya setelah memberikan kuasa kepada Ketua Badan Advokasi dan Hukum NasDem Taufik Basari untuk melaporkan dirinya ke Bareskrim beberapa waktu lalu.

 

Rizal merasa, laporan polisi yang dilayangkan Taufik bersama rekan-rekan ke Polda Metro Jaya tersebut salah arah, orang, dan alamat.

 

“Pengacara-pengacara yang mengatasnamakan NasDem mengatakan bahwa kami merusak nama baik NasDem, padahal tidak pernah ada satu hal apa pun di televisi atau pun di media kami menyebut nama NasDem,” katanya.

 

Laporan tersebut diterima dengan nomor LP/B/1309/X/2017/BARESKRIM tertanggal 16 Oktober 2018.

 

Rizal melaporkan Surya dengan dugaan pelanggaran Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, serta Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3), Pasal 310, dan Pasal 311 KUHP.

 

Sebelumnya, Tim Advokasi NasDem resmi melaporkan Rizal ke Polda Metro Jaya, pada Senin, 17 September 2018 kemrin atas dugaan penghinaan, pencemaran nama baik dan fitnah terhadap Surya.

 

Taufik menilai Rizal tidak memiliki itikad baik karena tak mengindahkan somasi dari NasDem, sehingga partainya melaporkan Rizal.

 

“Pada prinsipnya kami tidak menutup komunikasi tetapi kami sampaikan agar terlebih dahulu menjawab substansi dari somasi untuk mencabut pernyataan yang tidak benar,” ujar Taufik di Mapolda Metro Jaya.

 

Sejumlah ucapan Rizal yang dipersoalkan NasDem itu adalah tuduhan soal Surya Paloh yang bermain dalam kegiatan impor, dan juga soal Presiden Joko Widodo yang tidak berani menegur Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita terkait impor karena takut dengan Surya Paloh. Terakhir, adalah ucapan Rizal yang menyebut Surya Paloh brengsek. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.