Musim Ubur-ubur di Pantai Jetis Puluhan Wisatawan Tersengat

Musim Ubur-ubur di Pantai Jetis Puluhan Wisatawan Tersengat
Pantai Jethis

Kabar5.com, Purworejo | Puluhan wisatawan di Pantai Jetis, Kecamatan Grabag tersengat ubur-ubur dan harus mendapatkan penanganan medis. Untuk itu, petugas pun mengimbau agar wisatawan lainnya berhati- hati dan tidak berenang di pantai.

“Saat ini memang sedang musim ubur-ubur , harap berhati-hati apabila sedang berwisata di pantai selatan Jatikontal, Pathuk, Jetis, Jatimalang, Pasir Puncu hingga Kertojayan hindari berenang di laut karena saat ini sedang musim ubur-ubur. Hingga hari ini sudah ada korban sekitar 30 anak di pantai Jetis yang tersengat ubur-ubur,” kata Kasi Kesiapsiagaan BPBD Purworejo, 20 Juni 2018.

Para petugas juga sudah meminta kepada para pengelola tempat wisata tersebut untuk memasang papan peringatan agar para wisatawan lebih-berhati-hati. Racun ubur-ubur yang menempel pada kulit dapat menyebabkan rasa gatal dan panas. Bahkan, sebagian orang bisa mengalami sesak nafas, denyut jantung meningkat dan sakit pada bagian perut.

 

Petugas memberikan beberapa tips untuk mengatasi atau memberikan pertolongan pertama kepada korban sengatan ubur-ubur . Yaitu cuci dengan air hangat yang diberi garam atau air laut jangan dengan air tawar dingin. Dan carilah jingking yang banyak berkeliaran di pantai kemudian hancurkan lalu oleskan pada bagian yang terkena sengatan. Petugas pun telah menyiapkan obat berupa ramuan dari getah timun untuk menetralisir racun. Dan korban akan diberikan dexametasol dan ctm untuk meredakan rasa sakit. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.