Nasionalisme Dari Marching Band Banten Tanpa Sokongan Dana

Nasionalisme Dari Marching Band Banten Tanpa Sokongan Dana

Kabar5.Com, Serang | Drum Corps Gita Surosowan Banten (GSB), sebuah group marching band yang telah banyak megibarkan bendera merah putih di dunia internasional, kini dalam kondisi tertatih di usia yang ke 13 tahun nya, 18 Agustus 2018.

Meski kini tanpa sokongan dana dari pemerintah, mereka bernkat kembali mendengungkan lagu Indonesia Raya di luar negeri.

” Umur 13 tahun ibarat anak remaja. Di 13 tahun ini diharapkan menjadi momentum untuk lebih baik dan surosowan bisa berbicara lagi didunia Internasional. ” kata Haridoyo Sugianto, Manager Team GSB, Kamis malam, 17 Agustus 2018.

Meski hanya ada air mineral yang tersedia saat latihan di halaman Pendopo Lama Gubernur Banten dan menempati gudang untuk menyimpan alat musiknya, sekumpulan anak muda yang masih berusia belasan tahun ini, tak kenal lelah.

Semangatnya tak pernah luntur untuk terus berkarya, memberikan sumbangsih bagi Indonesia yang kini telah berusia 73 tahun.

Sekumpulan anak muda dengan mental baja ini, mempunyai mimpi bahwa suatu saat nanti, dengan segala keterbatasan yang ada, bendera Merah Putih harus berkibar dan lagu Indonesia Raya kembali berkumandang di Luar Negeri.

” Diumur ke 13 ini saya berharap Gita Surosowan dapat kembali banyak meraih prestasi diajang kekuatan dunia. ” kata Rahma Maulana 17, salah satu anggota GSB, Kamis malam, 17 Agustus 2018.

Untuk diketahui Gita Surosowan Banten kerap menjuarai sejumlah kejuaraan kelas Internasional, seperti pada Desember 2014, GSB mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi World Music Championships 2014 yang dilaksanakan di Stadion Breath of Buriram, Thailand.

Dalam kejuaraan tersebut Gita Surosowan berhasil menduduki peringkat dua diajang Thailand World Music Championship 2014, di Thailand.

Tidak hanya itu, pada Agustus 2015 GSB kembali dipercaya untuk mewakili Indonesia untuk mengikuti pertandingan Drums Corp Internasional (DCI) di Indianapolis Amerika Serikat.

GSB asal Indonesia bersama Taiwan mewakili Asia dalam kejuaraan internasional itu, karena sudah mengantongi sertifikat Marchingband dunia.

Dengan kelas dunia yang dimiliknya, GSB pada Agustus 2015 lalu didaulat menjadi tamu kehormatan pada ajang internasional marching band yakni, South East Asia Maching Band Championship (SEAMBC) yang berlangsung di Stadion Utama Pakan Sari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Bahkan beberapa kali mendapat kehormatan untuk tampil di istana negara, pada perayaan HUT RI yang ke 70 tahun, sekaligus HUT TNI yang digelar di Pelabuhan Indah Kita, Merak, Banten.

(Tama)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.