Pemprov DKI Terjunkan 1.400 Relawan Untuk Antisipasi Banjir

Pemprov DKI Terjunkan 1.400 Relawan Untuk Antisipasi Banjir
Pemprov DKI Terjunkan 1.400 Relawan Untuk Antisipasi Banjir

Kabar5.Com, Jakarta | Mengantisipasi banjir di musim hujan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerjunkan 1.400 relawan. Mereka sudah terverifikasi dan ditugaskan khusus memantau banjir, 13 november 2018.

“Melakukan monitoring antisipasi di lapangan, sekaligus memberikan early warning,” kata Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 12 November 2018 kemarin.

 

Selama ini, kata dia, banyak laporan banjir diterima pihaknya. Namun hal tersebut harus diverifikasi terlebih dahulu. Tujuan diterjunkan relawan sekaligus memverifikasi hal tersebut.

 

Keputusan ini, kata Anies, berdasarkan evaluasi awal tahun terkait banjir. Sebab ia mengklaim banyak laporan banjir dari pihak yang tak terverifikasi. Dengan 1.400 relawan ini, Pemprov DKI diyakini tak perlu kerja dua kali.

 

“Laporan (relawan) itu tidak perlu kita cek ulang lagi, karena dia sudah memiliki pengetahuan informasi cara menyampaikan yang akurat,” sebutnya.

 

Terkait pemilihan relawan, Anies membeberkan mereka terdiri dari Ketua RT, RW, anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Para relawan itu bagian dari masyarakat yang diseleksi menjadi pemberi kabar yang kredibel.

 

Metode itu, kata Anies, akan membuat runutan pelaporan banjir terkoordinasi dengan baik. Cakupannya juga menyeluruh sampai ke pelosok Jakarta. Selain itu, pihaknya juga mempercepat pembangunan drainase dan pengerukan saluran-saluran air. Untuk menunjang hal tersebut, Pemprov DKI menyiapkan lebih dari 450 pompa di titik-titik banjir.

 

“Saat ini ada lebih dari 30 titik rawan banjir yang dimonitor secara intensif SDA, ada datanya, dan kita monitor itu dengan ketat,” ujar Anies.

 

Pun demikian, ia tak membeberkan secara rinci titik-titik banjir versi Dinas Sumber Daya Air itu. Anies hanya membeberkan dirinya telah menginspeksi beberapa wilayah terkait banjir ini. Seperti di Cipinang Melayu, Jakarta Timur yang kemarin baru saja ditinjau. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.