Pengibaran Bendera Merah Putih ‘Raksasa’ di Pulau Terluar Indonesia

Pengibaran Bendera Merah Putih ‘Raksasa’ di Pulau Terluar Indonesia

Kabar5.Com, Sulawesi | Komando Distrik Militer (Kodim) 1312/Talaud melalui Komando Rayon Militer (Koramil) Miangas bersama dengan unsur Satuan Tugas Operasi Pengamanan (Satgas Ops Pam) Pulau Terluar serta elemen masyarakat di Pulau Miangas mengibarkan bendera merah putih berukuran ‘raksasa’ 15×10 meter di menara mercusuar Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Pengibaran ini dalam rangka HUT ke-73 RI.

“Kedaulatan negara merupakan harga mutlak yang tidak bisa ditawar. Ini membuktikan bahwa TNI bersama rakyat akan selalu menjaga kedaulatan NKRI. Nasionalisme dan patriotisme warga di Miangas diwujudkan melalui giat ini. Merdeka! NKRI harga mati!,” kata Dandim 1312/Talaud, Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan, 17 Agustus 2018 kemarin.

Semarak peringatan HUT ke-73 RI tidak hanya di Miangas saja, melainkan juga terasa di pulau terluar lainnya yakni Marampit dan Marore. Upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih dilakukan secara meriah di sana.

“Lokasi yang terluar, terpencil tidak menyurutkan semangat kebangsaan masyarakat di pulau terluar,” ujar Gregorius.

Bersama personel Satgas Operasi Pengamanan Pulau Terluar dan Koramil setempat, warga pulau terluar menyiapkan dan melaksanakan upacara peringatan HUT ke-73 RI secara meriah di segala keterbatasan wilayah, sebagai cerminan semangat nasionalisme dan patriotisme warga yang tinggi.

“Personel TNI terlibat secara aktif dalam melatih, menyiapkan dan melaksanakan kegiatan upacara tersebut. Hal ini merupakan salah satu implementasi tugas pokok TNI di wilayah pulau terluar dalam menegakkan kedaulatan NKRI,” pungkas Gregorius. (Red)

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.