Polda Banten Amankan Empat Orang Penyebar Hoax Gempa Lebak

Polda Banten Amankan Empat Orang Penyebar Hoax Gempa Lebak
Foto Ilustrasi

Kabar5.com, Serang – Polda Banten berhasil menangkap empat orang yang  diduga menyebarkan foto-foto dan video hoax terkait gempa Lebak beberapa waktu lalu. Keempat orang tersebut  berinisial F, S, FM dan BK. Menurut Kasat Direktorat Kriminal Khusus, Kombes Pol Abdul Karim, merekalah yang pertama kali menyebarkan informasi palsu itu.

“Mereka memiliki peran yang sama sebagai penyebar pertama melalui grup WhatsApp messenger,” kata Abdul Karim, Rabu 31 Januari 2018.

Dikatakan Abdul Karim, saat ini pihak menyidik masih mendalami terkait pembuat gambar hoax itu untuk pertama kalinya.

“Keempat orang ini adalah yang memviralkan sedangkan yang membuat pertama kali masih kita dalami,” ujarnya.

Saat ini keempat orang pelaku masih menjalani pemeriksaan dan statusnya sebagai saksi. Status hukum itu karena yang bersangkutan hanya memviralkan, bukan membuat.

“Sudah kita lakukan pemeriksaan terhadap empat orang. Statusnya keempatnya masih saksi, prosesnya sudah masuk ke tahap penyidikan,” jelasnya.

Abdul Karim menuturkan, akibat informasi yang mereka viralkan, masyarakat menjadi resah ketika peristiwa gempa tengah mengguncang wilayah Banten Selatan.

“Jika terbukti kita akan kenakan Undang Undang ITE. Selain menyebar melalui whatsapp juga salah satunya memviralkan melalui instagram,” pungkasnya.

Sebelumnya, warga Banten yang tengah diguncang bencana gempa bumi khawatir melihat tayangan video truk yang terguncang-guncang di atas kapal, atau jalanan yang retak. Setelah ditelusuri, ternyata jalanan yang retak itu berlokasi di Jogjakarta. (Rizki)

Facebook Comments

Tags: , ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.