Polda Banten dan Perum Bulog Menjaga Bahan Pokok Agar Tetap Stabil

Polda Banten dan Perum Bulog Menjaga Bahan Pokok Agar Tetap Stabil

Kabar5.Com, Serang | Polda Banten bersama Perum Bulog Regional (Drive) Serang membentuk Rumah Pangan Kita (RPK).


Pembentukan RPK itu, dilakukan dengan Penandatanganan nota kesepahaman, di Aula serba guna, Mapolda Banten, 13 Juli 2018.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, kenaikan harga dan kelangkaan pangan sembako yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia khususnya wilayah Banten, telah mengakibatkan keresahan di masyarakat.

Listyo menambahkan, hal tersebut turut berdampak ke khawatiran pada konsen Pemerintah Pusat untuk menjaga agar harga pangan tersebut tetap stabil dan mudah didapat oleh khalayak masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama – sama antara Polda Banten dengan Perum Bulog untuk menjaga stabilisasi harga pangan, sehingga masyarakat tidak menjadi resah akibat kenaikan harga dan kelangkaan pangan tersebut,” katanya.

Listyo menjelaskan, bentuk kerja sama saat ini berupa memperluas jaringan distribusi untuk bulog dengan membentuk program RPK.

“Jika sebelumnya melakukan stabilisasi harga pangan dengan cara melakukan operasi pasar, dan membentuk satgas pangan untuk mengawasi harga – harga di pasar, namun saat ini kita melakukan kerjasama dengan  jaringan distribusi untuk bulog dengan membentuk Rumah Pangan Kita,” ujarnya saat ditemui usai kegiatan.

Listyo menjelaskan, program penyaluran distribusi pangan dari bulog melalui RPK ini direncanakan akan disebar di 45 titik di wilayah Banten, seperti di Polres, Polsek, dan di pesantren – pesantren.

“Program ini pun sekaligus membantu para personil Polri maupun Purnawirawan yang ingin membuat RPK dengan aturan yang disepakti,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Divisi Regional Bulog DKI Jakarta – Banten, Fasika Khaerul mengatakan, bahwa kerjasama distribusi pangan ke masyarakat dengan membentuk program RPK merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia, yaitu di Polda Banten. Dan ini bisa menjadikan model contoh untuk Polda – Polda lainnya di Indonesia.

“Dengan terjalinnya penandatanganan nota kesepahaman dengan Polda Banten ini, yaitu dengan membentuk program rumah pangan Kita, diharapakan pengendalian harga pangan di pasar dapat lebih efisien dan masyarakat bisa mendapat harga pangan susuai yang ditetapkan oleh pemerintah,” lanjutnya.

Adapun barang – barang yang akan didistribusikan antara lain, seperti beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu.

(Yoman).

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.