Polisi Sisir Seluruh Apotek di Bandung untuk Persempit Peredaran Pil PCC

Polisi Sisir Seluruh Apotek di Bandung untuk Persempit Peredaran Pil PCC

Kabar5.Com, Bandung | Polisi terus mempersempit peredaran PCC. SatresNarkoba Polrestabes Bandung, berserta Balai BPOM dan BNN sambangi apotek-apotek di Kota Bandung. 

Kedatangan petugas gabungan tersebut, guna memberikan imbauan kepada seluruh apotek, toko obat atau pedagang obar serta apoteker, untuk tidak mendistribusikan, mengedarkan dan menjual serta meracik obat obatan yang diantaranya PCC.

Selain PCC ada enam produk obat-obatan lainnya yang kita imbau untuk tidak didistribusikan,” jelas Kapolrestabes Bandung, Kombes Hendro Pandowo, saat menyambangi salah satu apotek di wilayah Pasar Baru, Kota Bandung, Selasa (19/9/2017).

Enam obat-obat lainnya yang juga dilarang untuk distribusikan, diantaranya Magadon dengan zat aktif nitrazepam, Rohypnol dengan zat aktif alprazolam 2 mg, Dekstrometorfan, Tramadol produksi PT Promedrahardjo, dan obat-obatan yang mengandung Carisoprodol.

Pelarangan itu berdasarkan UU Nomor 5 tahun 1997 tentang Psikotropika dan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

Ijin produk obat-obatan tersebut sudah di batalkan dan tidak ada ijin edar oleh Balai BPOM,” terangnnya.

Disamping itu, untuk penditribusian, pengedaran, penjualan dan peracikan obat-obatan Psikotropika golongan I, II, III dan IV, lanjut Hendro, wajib atas persetujuan Dinas Kesehatan dan di bawah pengawasan Balai BPOM.

Sedangkan penjualan langsung kepada konsumen harus berdasarkan resep dokter yang berkompeten sehingga dapat di pertanggungjawabkan secara medis dan hukum.

Surat edaran tersebut pun di sebar dan langsung di tempelkan di apotek-apotek, yang berada di wilayah Kota Bandung.

Sebelumnya juga, Kapolda Jabar, Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan dirinya telah meminta jajarannya untuk melakukan pengecekan ke toko-toko obat, untuk mempersempit peredaran pil PCC.

Saya sudah perintahkan Dirnarkoba, untuk melakukan pengecekan-pengecekan baik itu ke apotek atau toko obat, kalau ada (ditemukan pil PCC) langsung tindak,” tegas Agung di Mapolda Jabar.

(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.