Presiden Kebut Jalan Tol Di Papua, Ada Yang Terlewatkan

Presiden Kebut Jalan Tol Di Papua, Ada Yang Terlewatkan

Kabar5.Com, Jayapura – Pemerintah hingga kini terus menggeber pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah terpencil dan pinggiran. Presiden joko Widodo juga berulangkali menekankan agar akses wilayah-wilayah seperti di Papua bisa segera terjangkau. Namun rupanya masih ada yang terlewatkan proses pembangunan di Kabupaten Yalimo, Jayapura.

Wakil  Ketua 1 Legislator Kabupaten Yalimo, Kristian Bomol menyayangkan proses pembangunan jalan raya Trans Papua – Tengon yang tak kunjung selesai. Padahal, jalan raya tersebut menghubungkan 12 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Papua. Jalan tersebut menghubungkan Kota Jayapura, Kabupaten Kheroom, Yalimo, Mamberamo Tenggah dan Tolikara. Jalan itu juga menjadi akses Puncak Jaya, Puncak Papua, Lani Jaya, Jawawijaya, Nduga, Yahukimo dan Pengunungan Bintang.

“Saya selaku wakil rakyat merasa sedih dan prihatin atas ketidakseriusan negara yang mengabaikan pembangunan jalan raya Trans Papua-Tengon. Sejak 1992 hingga 2018 ini belum tuntas dikerjakan”, kata Kristian Bomol kepada Kabar5.Com di Jayapura, Selasa 27 Maret 2018.

Ia membeberkan, jika jalan trans tersebut sudah dibangun sejak tahun 1992. Kala itu dirinya masih duduk di bangku  kelas 1 SD.

“Sudah 26 tahun di tahun 2018 ini jalan tersebut belum juga tuntas dikerjakan. Ada apa dan kenapa jalan tersebut belum selesai,” tegas warga asli Yalimo itu kesal.

Ia berharap, pemerintah dapat mengambil langkah atau kebijakan avermasi untuk percepatan pembangunan  Jalan Tans Papua Tengon ditangani Militer. Upaya itu seperti halnya jalan Trans Papua Nduga – Kenyam yang dikerjakan hanya 3 tahun dengan panjang 500 kilometer.

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.