Ribuan Rumah di Pekalongan Terendam

Ribuan Rumah di Pekalongan Terendam

Kabar5.Com, Pekalongan | Akibat gelombang laut tinggi, desa-desa di Pesisir Utara Kabupaten Pekalongan, terendam air rob. Di beberapa titik, ketinggian rob hingga mencapai 1 meter.

Di Kabupaten Pekalongan terdapat tiga wilayah titik rawan bencana rob, seperti Wonokerto, Pecakaran dan Jeruksari. Di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, Selasa 22 Mei 2018 sore, air rob mulai naik hingga mencapai 1 meter.

“Kalau sore seperti ini air rob naik, hampir satu meteran. Ini sudah terjadi dua pekan. Kalau malam hari surut, bapak-bapak memilih pulang jaga rumah” kata Kepala Desa Jeruksari, Kuswanto.

Desa Jeruksari memang paling parah terkena rob. Sekitar 99 persen rumah yang dihuni 2.100 KK tergenang air rob. Setidaknya 200 jiwa yang terpaksa mengungsi. “Buka puasa ya di sini (di jalan desa). Masak sahur juga di sini,” lanjut Kuswanto.

 

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, juga menegakan bahwa dari beberapa titik rawan rob di wilayahnya, Jeruksarilah yang terparah.

“kita melakukan pantauan rob di beberapa lokasi, Wonokerto, Pecakaran dan Jeruksari. Yang paling parah adalah di Jeruksari ini, hampir semua penduduk tergenang rob cukup tinggi, hampir satu meter,” katanya.

Rob juga melanda Kota Pekalongan, di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara. Ketinggian air rob di kawasan tersebut antara 40 cm hingga 80 cm.

(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.