Ridwan Kamil akan bangun 4 jalur kereta menuju Jawa Barat

Ridwan Kamil akan bangun 4 jalur kereta menuju Jawa Barat

Kabar5.Com, Jakarta | Ridwan Kamil baru saja dilantik menjadi Gubernur Jawa Barat oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu 5 September 2018. Seminggu menjabat sebagai gubernur, sudah banyak program yang dilakukannya. Program tersebut berfokus pada pembangunan daerah.

Ridwan Kamil baru saja mengumumkan akan merenovasi Kalimalang menjadi mirip sungai di Korea. Tak cuma itu, kini ia memiliki proyek baru yakni mengubah tata kota Bandung mirip Eropa. hal ini diawali dengan kerjasama Ridwan Kamil bersama PT Kereta Api Indonesia membuat jalur kereta memudahkan akses ke Pangandaran, Kawah Putih dan Jatinangor.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu rencananya akan melakukan akselerasi pembangunan empat jalur kereta. Jalur tersebut antara lain Jakarta-Bandung-Pangandaran, Bandung-Ciwidey, Bekasi-Bandung-Garut, dan Bandung-Rancaekek-Jatinangor-Tanjung Sari-Sumedang. Rencana tersebut ia umumkan melalui akun Instagram @ridwankamil.

SIAP-SIAP KE PANGANDARAN, KAWAH PUTIH & JATINANGOR NAIK KERETA API. Rapat kerja dengan direksi PT KAI kai121_ , membahas akselerasi 4 jalur baru rel kereta api untuk jawa Barat: 1. Jakarta-Bandung-Pangandaran, 2. Bandung Ciwidey, 3. Bekasi-Bandung-Garut, 4. Bandung-Rancaekek-Jati Nangor-Tanjung Sari Sumedang. Jawa Barat harus seperti Eropa dimana urat nadi ekonomi dan transportasinya mayoritas berbasis kereta api. Tahun depan jalur Bandung-Garut jika tidak ada kendala bisa selesai. Doakan lancar,” tulis akun Instagram @ridwankamil dikutip brilio.net, Kamis 13 September 2018.

Jika rencana ini terlaksana, maka daerah yang awalnya susah dijangkau seperti Pangandaran dan kawah Putih bakalan dapat dijangkau dengan mudah. Jika tidak ada kendala, maka jalur Bandung-Garut akan selesai tahun 2019. Ridwan Kamil memiliki mimpi membangun transportasi massal yang baik dengan tumpuan kereta api seperti Eropa.

Sebelum dilantik, Ridwan Kamil juga mengungkapkan akan fokus membangun jalur kereta untuk 5 tahun ke depan. Rencana tersbut ia umumkan di akun Instagram @ridwankamil pada Minggu (2/9).

Macet Jakarta-Bandung ?? Coba naik kereta api @kai121_ aja. Saya siang ini ke Jakarta mau ngopi-ngopi ganteng ama Siwon dan nonton penutupan #asiangames2018 dengan Argo Parahyangan. Aman, nyaman dan on time. Dan bikin tibra bubu syantik seperti emak-emak dibelakang saya . Pemandangan jalur kereta juga indah seperti karya foto Kang Sony Arifin @sonyarifin ini. Jawa Barat juga dalam 5 tahun ke depan akan membangun jalur dan rute baru kereta api. Agar transportasi rakyat berbasis kereta akan selalu jadi primadona. Hatur Nuhun,” tulis akun Instagram @ridwankamil.

Rencana ini disambut baik oleh warganet. Mereka ikut mendukung program membangun Ridwan Kamil.

Akhirnya ke Bandung bisa pake kereta semoga lancar pak @ridwankamil,” komentar akun Instagram @manaf_faiq. (Red)

Aamiin semoga dapat terwujud dengan baik dan lancar ya Kang @ridwankamil Mudah2an bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pengembangan smart society di daerah. Jangan lupa Garut Smart City ya Kang,” ujar akun Instagram @vandepooh.

Akhirnya dari garut kota bisa naik kereta, perjalanan kemanapun diwilayah jawa jadi lebih mudah. Terimakasih,” ungkap akun Instagram @rianto.kurniawan.

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.