Rupiah Menurun Terus, Importir Binggung

Rupiah Menurun Terus, Importir Binggung

Kabar5.Com, Jakarta | Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpengaruh besar terhadap importir. Ya, karena transaksi bisnis mereka mengggunakan dolar AS.

“(Rupiah melemah) Tentu saja hubungan dengan importir mereka tentu yang paling terkena, dan juga dengan death level,” kata Wakil Ketua Kadin bidang Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani di Jakarta, Jumat 18 Mei 2018.

Selain itu, kata Shinta, pihak yang terkena dampak atas pelemahan rupiah adalah pengusaha yang punya utang dalam dolar AS. Sementara penghasilan mereka dalam mata uang rupiah.

“Jadi, saya melihat tentu saja ini bukan hanya dari segi sektor, tapi juga dari segi jenis usaha. Kalau perusahaan base-kan pasti ada hedging yang dilakukan. Tapi kalau perusahaan menengah, kan kita enggak ada kesempatan untuk hedging. Jadi mereka yang paling merasakan dampaknya,” ujar Shinta.

Dengan kondisi ini, Kadin Indonesia serta para pengusaha, perlu melakukan antisipasi. Agar tidak terpukul dengan pelemahan rupiah.

“Jadi ini kita harus antisipasi, berapa lama ini akan terjadi, sampai sejauh mana pemerintah bisa mengendalikan, karena kalau volatilitas ini terus berjalan jauh pasti akan berdampak lebih banyak. Kalau saat ini, kami harap jangka pendek, dan bisa segera diatasi,” kata dia. (red)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.