Sapi-sapi Montok dari Lereng Gunung Merbabu

Sapi-sapi Montok dari Lereng Gunung Merbabu

Kabar5.Com, Semarang | Terdapat dua sapi jumbo berasal dari lereng Gunung Merbabu, tepatnya dari Getasan, Kabupaten Semarang beratnya di atas 1 ton. Kedua sapi jumbo ini kini dijual untuk hewan kurban, 18 Agustus 2018.

Kedua sapi jumbo ini yakni satu berjenis limousin dan simmental. Untuk sapi limousin berkulit merah ini memiliki berat 1,2 ton dan saat ini usianya 4,5 tahun. Sedangkan simmetal krosing FH (sapi perah) berkulit hitam beratnya 1,1 ton berusia 3,5 tahun.

Pemilik kedua sapi jumbo, Djoko Prasetyo 51, menceritakan sapi limousinnya dulu dibelinya dengan harga Rp30 juta dari peternak dari Simo, Boyolali.

” Saat beli dulu harga Rp30 juta dari Simo Boyolali. Setelah kami pelihara selama setahun sekarang beratnya 1,2 ton. ” katanya saat ditemui di rumahnya Getasan RT 06/RW 01, Desa Getasan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Sedangkan sapinya yang berjenis simmental dulunya dibeli dari peternak di lereng Merapi, Selo, Boyolali, seharga Rp28 juta. Kemudian dipelihara selama setahun beratnya 1,1 ton.

Kini Djoko menjual sapi limousinnya yang berat 1,2 ton seharga Rp70 juta, sedangkan sapi simmentalnya dijual Rp65 juta. Sejauh ini pun sudah ada yang datang melihatnya maupun menawar dari Yogyakarta, Jakarta serta daerah sekitarnya.

Sapi-sapi ini, kata Djoko diberi pakan Untuk pakan yang terdiri dari katul, singkong, konsentrat, jerami dan rumput. Selain itu, Djoko juga rajin memberikan obat cacing sebulan sekali. Kemudian, membersihkan kandang tiap harinya serta terkadang memijat bagian punggung sapi.

” Obat cacing setiap bulan sekali, pijat di punggung untuk memberikan rangsangan otot. ” katanya. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.