Serie A Jadi Liga yang Paling Agresif Dalam Lima Musim Terakhir

Serie A Jadi Liga yang Paling Agresif Dalam Lima Musim Terakhir

Kabar5.Com, | Ada persepsi yang terus berlaku tentang Serie A selama ini, yaitu kompetisi sepakbola dengan seni bertahan. Secara stereotip, seni bertahan di Serie A memang benar adanya. Lagipula dari liga itu jugalah lahir Paolo Maldini yang mampu bertahan dengan baik tanpa sering melakukan tekel-tekel agresif. 

Tapi seiring dengan waktu, Serie A semakin menunjukan bahwa sepakbola menyerang yang diperagakan mampu sama baiknya dengan seni bertahan. Asumsi itu bisa diperkuat oleh laporan dari Opta melalui grafiknya yang bisa menunjukkan bahwa Serie A menjadi liga dengan serangan terbaik di antara lima liga top Eropa lainnya jika dilihat dari rataan tembakan ke arah gawang. Opta menunjukkan bahwa kesebelasan-kesebelasan Serie A mampu melepaskan tembakan ke arah gawang dengan rataan 26,5 per laga.

Rataan itu mengalahkan rasio 25,5 di Liga Primer Inggris dan 25 di Bundesliga mengenai tembakan yang mengarah ke gawang per laga. Sementara La Liga dan Ligue 1 sama-sama melakukan 24 kali tembakan yang mengarah ke gawang.

Hal ini menunjukkan kepada kita jika pertandingan di Serie A rata-rata memiliki angka tembakan yang lebih banyak daripada liga top lainnya di Eropa. Jika angka tembakan mencerminkan penyerangan, maka Serie A adalah liga dengan penyerangan terbaik.

Rekapitulasi yang dibuat Opta juga menunjukkan bahwa tembakan ke arah gawang di Serie A tergolong stabil dalam lima musim terakhir. Penurunan yang terjadi dari musim 2012/2013 dinilai tidak terlalu drastis sampai musim lalu. Kestabilan itu karena penurunan tembakan ke arah gawang Serie A tidak pernah di bawah angka 26 di setiap musimnya.

Baca selengkapnya

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.