Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Fitri

Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Fitri

Kabar5.Com, Jakarta | Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan memimpin langsung sidang isbat setelah pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal Syawal 1439 H atau Hari Raya Idul Fitri, hari ini, Kamis, 14 Juni 2018.


Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama Mastuki menjelaskan proses sidang akan dimulai pukul 16.30 dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439 H.

Sidang isbat dijadwalkan selepas salat Magrib setelah laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan. “Sidang isbat akan berlangsung tertutup dan hasilnya akan disampaikan secara terbuka lewat konferensi pers oleh Menteri Lukman Hakim.” Mastuki menjelaskan melalui keterangan tertulis pada Rabu, 13 Juni 2018 kemarin.

Sidang isbat akan menetapkan Idul Fitri 1439 H. “Ada 97 titik pemantauan hilal yang tersebar di 34 Provinsi di seluruh Indonesia.”

Selain pejabat Kementerian Agama, sidang akan dihadiri oleh sejumlah pihak. Mereka antara lain para duta besar negara-negara sahabat, Komisi Agama DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sidang isbat untuk menentukan awal Syawal atau Hari Raya Idul Fitri juga dihadiri utusan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, dan Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam.


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.