Waspada! Puncak Bogor Longsor di Beberapa Titik

Waspada! Puncak Bogor Longsor di Beberapa Titik

Kabar5.com, Bogor | Kondisi cuaca ekstrim yang tak menentu akhir-akhir ini membuat masyarakat diharapkan berhati-hati dan mewaspadai bencana alam di sekitarnya.

Seperti yang baru terjadi Senin 5 Februari 2018 pukul 8 pagi tadi, kawasan Puncak Bogor mengalami longsor di sejumlah titik di Kecamatan Cisarua.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP. Hasby Ristama melaporkan, sejak dini hari yakni sekitar jam 2.00 WIB sampai dengan pagi tadi curah hujan cukup tinggi disertai angin kencang.

Lantaran wilayah Cisarua merupakan daerah perbukitan dengan kontur tanah yang labil, menyebabkan tanah tidak kuat menahan volume air hingga terjadi bencana longsor.

Tanah longsor terjadi di beberapa titik yakni di sekitar Panimbangan Kecil Desa Tugu Selatan yang mengakibatkan bahu jalan amblas dan matrial tanah dari tebing menutup sebagian bahu jalan.

Petugas dibantu warga sekitar telah mengupayakan pembersihan material yang menutup jalan.

Longsor juga terjadi di sekitaran Masjid Atta Awun Desa Tugu Selatan hingga material tanah menutup jalan. Petugas juga telah mengupayakan pembersihan menggunakan alat berat.

Begitu juga longsor di Villa Pengayoman / Kehakiman Kampung Cibeureum Rt.02/03 Desa Cibeureum. Meski di lokasi tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir sekitar Rp 15 juta.

Selain itu bencana longsor juga terjadi di Kampung Babakan Rt. 03/04 Desa Cibeureum hingga material tanah menutup jalan sebagian jalan desa.

“Yang dilakukan petugas adalah mengalihkan arus yang ke Puncak dan Cianjur untuk menuju lewat Sukabumi. Juga mengajak para stakeholder terkait untuk melaksanakan penanganan bencana,” katanya melalui media sosial.

Petugas juga memanggil alat berat dari PU PR pusat, gelar personel sebanyak 100 orang untuk evakuasi longsor dan menghimbau masyarakat agar jangan menggunakan jalur puncak terlebih dahulu.

Selain itu petugas juga berkordinasi dengan satgas bencana dan membantu proses evakuasi membersihkan material tanah yang menutup Jalan.

Polri juga telah mensosialisasikan kepada masyakat melalui public addres, media mainstrem dan online serta penulisan di running text jalan tol. Begitu juga dengan pengalihan arus dari Jakarta menuju Sukabumi dan Cianjur melewati Jonggol. (red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.