Wow, KPS Bakal Ditiadakan?

Wow, KPS Bakal Ditiadakan?

Kabar5.com, Jayapura | Ditengah hiruk – pikuk kesehatan melanda Papua, dan juga kesehatan menjadi bagian  penting dari sendi kehidupan masyarakat Papua. Kabarnya Kartu Papua Sehat (KPS) atau jaminan kesehatan bagi masyaraikat Papua bakal ditiadakan di tahun 2019. 

 

Alasan penghilangan KPS itu pertama, KPS mengunakan dana yang cukup besar bisa terjadi temuan BPK. KPS hanya berlaku di Papua. Ketiga jika ada pasien rujukan dari Papua ke rumah sakit di luar Papua maka tak dapat dilayani.

 

“Tahun 2019 KPS akan distopkan semua harus pake BPJS dan Kartu Indonesia Sehat (KIS),” kata Anggota Komisi IX DPRI Robert Rouw, Kamis 12 Juli 2018,  saat berkunjung ke Papua, di Jayapura.

 

Robert menyebutkan masyarakat Papua diharapkan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam melakukan pemeriksan kesehatan, karena Kartu Papua Sehat (KPS) bakal ditiadakan.

 

Anggota DPRI perwakilan Papua itu memesan semua masyarakat Papua harus memiliki KTP, utamanya E-KTP untuk mendaftar ke BPJS dan pembuatan  Kartu Indonesia Sehat (KIS) berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

 

“Semua pemegang Kartu BPJS dan KIS syarat utamanya adalah pakai NIK dan E-KTP”, ujar Robert Rouw.

 

Sembari mengingatkan keberadaan KPS  yang menggunakan dana cukup besar bisa menjadi temuan  BPK.  Sehingga KPS akan ditiadakan dan dana KPS itu dialihkan pada kebutuhan  kesehatan lain.

 

“Dana dari KPS bisa digunakan pada kebutuhan kesehatan lain sepeeti mengobati pasien dan pembiayaan fasilitas kesehatan di Papua,” pungkasnya.

 

(Richard Mayor)

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.